BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 05 Maret 2011

10 Tips Menghadapi Ujian Nasional

        Sebentar lagi nih.. ^Tinggal menghitung Hari :'(^ kita akan bertempur melawan soal-soal UN. UN merupakan momok untuk sebagian pelajar mungkin termasuk kita. UN sebaiknya jangan kita takuti. TAPI, sebaiknya kita perasiapkan mulai hari ini. Agar kita mangerjalan soal - soal tersebut lancar dan berhasil. AMINN... :)
        Keberhasilan dalam mengikuti Ujian nasional merupakan kunci sukses buat remaja masa sekolah dimana, dengan hasil yang memuaskan akan membawa para remaja menuju cita-citanya seperti memilih sekolah-sekolah favorit mereka atau memilih unversitas-universitas negeri yang cukup popular , ke universitas pilihan dll. Untuk menggapai hal tersebut dibutuhkan semangat dan kerja keras dari remaja itu sendiri, agar hasil ujian nasional memuaskan.
Untuk itu diperlukan beberapa persiapan sebelum mengikuti atau menghadapi ujian nasional tersebut diantaranya :

1. Berdoa kepada Tuhan
    Jangan lupa untuk berdo'a setiap kali akan mulai dan selesai belajar. Mintalah kepada Tuhan agar pikiran kita menjadi lebih jernih dan diberi kemudahan baik selama proses belajar maupun saat menghadapi ujian. Berdoa karena salah satu kunci sukses segala usaha yang kita lakukan.
2. Persiapan Mental
    Persiapakan mentalmu, yakin bahwa kamu itu mampu dan bisa meraih nilai yang tinggi di dalam ujian. Amin.. Jika orang lain bisa maka tak ada alasan bagimu untuk bisa dan tetap positive thinking.
Tanamkan dalam diri semangat yang tinggi untuk mencapai nilai terbaik, bisa dilakukan dengan menulis tulisan besar-besar di dinding kamar dengan kata-kata seperti

“ aku harus berhasil dalam ujian ini ”aku harus dapat nilai terbaik ujian nasional ini”aku harus belajar untuk cita-citaku”.

baca terus bacaan ini ketika bangun tidur atau menjelang tidur, untuk membantu memicu semangat dari dalam diri dengan membangkitkannya lewat alam bawah sadar kita.3. Persiapan Fisik
    Jaga kondisi tubuhmu. Jika tubuhmu sakit tentu konsentrasi akan terpecah dan proses belajar tak akan berjalan sempurna. konsumsilah makanan yang bergizi. Jangan lupa lupa istirahat setiap 30-45menit, istirahat sebentar. Cukup 10 menit, lalu kembali ke tempat belajar.
4. Kurangi waktu untuk bermain
    Fokus pikiran untuk belajar. Sementara, lupakan aktifitas lain yang kurang penting seperti nonton konser, shopping, nongkrong dan lain-lain. Jika kalian kesulitan, buatlah *Rencana Belajar*. maksudnya kamu membuat jadwal untuk belajar dan bermain "tapi lebihkan waktu untuk belajar ya :D".
5. Kenali tipe kecerdasan untuk mengetahui cara belajar yang cocok buat kamu
    Tipe kecerdasan untuk masing - masing orang berbeda - beda, misal orang dengan tipe kecerdasan visual akan lebih mudah untuk mempelajari sesuatu secara visual misal dengan gambar. Sedangkan tipe verbal akan lebih mudah dalam mempelajari sesuatu dengan cara membaca.
6. Jika kamu harus menghapal rumus, lakukan menjelang tidur
    Hal tersebut karena hal yang kita pelajari sewaktu menjelang tidur akan lebih mudah tersimpan di dalam memori. Begitu bangun dari tidur semuanya akan lebih mudah untuk diingat kembali.
7. Sebisa mungkin hindari menghapal
    Belajar yang baik adalah dengan cara memahami bukan dengan cara menghapal. Jika sudah paham akan suatu materi maka akan sangat mudah bagi kita untuk menuliskannya menjadi 100 halaman atau bahkan lebih. Biasakan mengartikan suatu istilah atau mendeskripsikan sesuatu dengan bahasa kita sendiri asalkan tepat sasaran.
8. Malu bertanya sesat di jalan
    Kalo nggak ngerti, jangan malu bertanya teman atau guru. Daripada bete karena nggak ngerti-ngerti. Lebih baik minta dijelasin aja sama teman atau guru. Pasti mereka mau kok membantu.
9. Belajar yang cepat adalah dengan mengerjakan soal-soal
    Dengan mengerjakan soal belajar akan menjadi lebih efektif, karena ketika kita sudah benar-benar tak tahu akan jawaban suatu soal biasanya akan membolak-balik buku, jadi dua aktifitas sekaligus dilakukan dalam satu waktu. Lagipula, apa yang kita baca untuk mencari jawaban dari sebuah soal akan lebih mudah diingat karena ada kesannya. Beda jika kita hanya membaca saja tanpa mengerjakan soal. Eeettss.. Jangan lupa juga untuk mempelajari KISI-KISI soal yang akan diujikan.
10. Minta Support
     Jangan lupa untuk minta support atau dukungan dari orang terdekatmu seperti keluarga, sahabat atau Pacar "ehem". Mintalah mereka untuk sering-sering memberimu semangat agar kamu tidak berhenti di tengah jalan.

Itulah beberapa Tips yang dapat saya sampaikan, Semoga dapat bermanfaat. :)
Dan Semoga SMP 4 Madiun Tahun 2010/2011 LULUS 100% AMIN.. :)


0 komentar: